Sekilas Bedah Karya : Gary Fernandez.net


Penulis: Rio Dwisandy

Luar biasa. Adalah tanggapan saya akan seorang Gary Fernandez.Seorang seniman yang memiliki karakter yang kuat dalam karya-karyanya. Permainan efek gelap terang atau gradasi high light ke dark menjadi ciri khas dalam pembuatan karya 3 Dimensi. Permainan gradasi cahaya sehingga beberapa bidang terlihat seperti sebuah kaca/bidang licin yang memiliki daya pantulan yang baik. Dan  ciri itulah yang menjadi kekuatan Gary dalam mebuat karya-karyanya.

Halaman portal bukanlah saya gunakan untuk ‘mencuri’ karya orang lain. Akan tetapi halaman portal digunakan sebagai data pembanding dalam membuat sebuah karya baru.
Sebenarnya saya rindu untuk menulis bagaimana cara membedah sebuah karya, akan tetapi saya lebih rindu untuk mengajak teman-teman pembaca melihat dan membedah secara mandiri, apa yang ingin disampaikan oleh seorang Gary Fernandez dalam karya-karyanya sehingga otak kita diajak untuk bekerja.

‘Pisau’ untuk membedah sebuah karya memang sangat banyak. Akan tetapi kita bisa menggunakan pisau itu hanya beberapa diantaranya.

Selamat membedah. 


Dari hasil karya seorang Gary Fernandez, saya membedah, menganalisa dan membuat karya baru. Karya baru yang berupa motif. Dari sudut pandangan visual ini sangat jauh dari ‘wajah’ yang ditampilkan oleh seorang Gary Fernandez. Tapi dari sudut pandang lain, saya belajar dari seorang Gary Fernandez. 

Mungkin sekilas kita ‘pernah’ melihat motif ini sekilas. Karena bukanlah hal yang mustahil bahwa ada orang yang secara tidak sengaja juga memiliki ide yang mirip sama. Tapi kami bukanlah orang yang pernah saling berhubungan atau saling meniru (plagiatisme).

Saya menemukan para plagiatisme dalam dunia desain. Alangkah naifnya ketika saya mengatakan tentang plagiatisme dalam dunia desain tapi tidak memberikan ‘pengajaran’ atau bukti bagaimana membuat sebuah hasil karya ‘baru’.

Bagaimana ‘jalan’ membuat atau belajar membuat karya baru ? Memang itu sangat panjang dan tidaklah mudah tapi itu bukanlah hal yang mustahil.

Mari bersama-sama kita belajar.


Jika anda tertarik untuk mengikuti perkembangan studio kami dan ingin mendapatkan info-info terbaru dari kami, ikuti media sosial kami di bawah ini:

Twitter: RioDStudio
Instagram (Foto & Video): riodwisandybrandingstudio
Instagram (Desain): riodwisandydesignstudio


Comments