7 hal baik dan 7 hal buruk Dalam Meng-Update Status LinkedIn



Penulis: Rio Dwisandy

Pada hitungan Romawi angka 10 merupakan angka yang sempurna. Akan tetapi dalam proses penciptaan maka angka 7 adalah angka sempurna. Dimana Sang Pencipta ‘bekerja’ dalam 6 hari dan 1 hari untuk ‘berhenti sejenak’. Itu sebabnya beberapa orang melihat angka tujuh ini merupakan angka sempurna. Dan dalam pembahasan inipun ada 7 hal baik dan 7 hal buruk yang harus dilakukan dalam meng-update status LinkedIn.
7 hal baik yang anda harus lakukan adalah:
  1. Berbagi link (menggunakan alamat URL) ke artikel menarik, website atau video yang anda telah temukan sehingga orang lain juga dapat belar dari link tersebut. Jangan khawatir tentang apakah semua koneksi anda akan menemukan informasi sama-sama berharga lalu tidak membagikan kepada anda. Karena ketika anda memberi maka energi anda untuk mendapatkan hal yang baru lebih besar.
  2. Mengajukan pertanyaan yang dapat menyebabkan memecahkan masalah yang anda miliki, seperti: ” Ada yang tahu kandidat stock controler yang baik ?” Dan juga (kalau anda berkenan dan kira-kira kandidat tersebut dibayar ‘pantas) sertakan juga besar gaji atau fasilitas yang anda tawarkan kepada kandidat.
  3. Melakukan jejak pendapat informal jaringan anda (yang terdiri dari banyak pengusaha pintar) yang berkaitan dengan topik yang menarik bagi Anda, seperti: “Meningkatkan market/pasar dengan sosial media apakah lebih efektif ?”
  4. Sebutkan orang atau situasi yang mungkin bisa membantu untuk beberapa koneksi Anda, seperti: “Aku bertemu dengan Hermawan (pakar marketing) dan berbicara banyak tentang marketing. Lalu saya menemukan cara untuk menghemat pengeluaran dari marketing tapi dapat efektif menyentuh pasar”
  5. Bicaralah tentang acara yang akan anda lakukan. Atau anda akan menghadiri suatu acara. Dan acara tersebut juga ‘menarik’ orang untuk datang (maka berbagilah).
  6. Jika anda seorang pencari kerja, jangan gunakan kalimat seperti ini untuk mengatakan secara langsung kepada seseorang yang anda belum kenal, “Halo, nama saya … dan aku masih mencari pekerjaan.” Usahakan ‘masuk’ secara perlahan-lahan. Ceritakanlah pelan-pelan pengalaman dan reputasi anda sebelumnya.
  7. Gunakan tombol “Like” fitur ketika anda melihat update membantu dari salah satu koneksi anda. Melakukan bagian ini yang update dengan seluruh jaringan Anda.
Selain 7 langkah yang anda harus lakukan, ada hal lain juga yang harus anda jangan lakukan. Silahkan menyimak ketujuh hal itu :
  1. Menyebutkan hal-hal pribadi. Sebagai contoh apa yang anda miliki (kekayaan), sarapan pagi ini dan fakta anjing anda sakit hari ini. Hal ini menunjukkan bahwa anda tidak sedang menghargai waktu para kolega profesional bisnis anda.
  2. Terus menerus berbicara tentang produk dan jasa. Ini bukan tujuan dari media sosial, terutama LinkedIn.
  3. Hindari berbicara tentang topik yang mungkin sensitif terhadap beberapa audiens anda. Seperti hal perbedaan ras, suku, agama dan lain sebagainya. Yang pada akhirnya hanya menimbulkan konflik horizontal.
  4. Berpikir dua kali sebelum posting status anda dan bacalah kembali. Kira-kira apakah ada yang salah baik segi penulisan atau makna ?
  5. Setiap media social memiliki tujuan dan strategi yang berbeda-beda. Sehingga anda harus mengerti betul apa yang harus anda tulis. Jangan ‘perlakukan’ LinkedIn seperti anda berbicara di Twitter (dalam hal tertentu seperti perasaan marah dengan seseorang atau hal lainnya)
  6. Jangan meng-update LinkedIn ‘sama jumlahnya’ dengan media lain seperti twitter atau facebook.
  7. Jangan buang waktu Anda membaca update dari orang-orang yang melanggar semua hal di atas. Dengan menggunakan fungsi “Hide”, anda dapat berhenti update status seseorang tersebut sehingga tidak dapat muncul di halaman depan LinkedIn anda.
Ini hanyalah saran. Pengetahuan ini berasal dari beberapa sumber. Akan tetapi apabila ada yang kurang berkenan, silahkan email kami. Akan tetapi Apabila ada hal yang baik, silahkan anda dapat menjalankannya.
Sumber : Artikel LinkedIn maupun dari beberapa tulisan lain.



Jika anda tertarik untuk mengikuti perkembangan studio kami dan ingin mendapatkan info-info terbaru dari kami, ikuti media sosial kami di bawah ini:

Twitter: RioDStudio
Instagram (Foto & Video): riodwisandybrandingstudio
Instagram (Desain): riodwisandydesignstudio

Comments