Stealing From The Past


“Why join the navy if you can be a pirate?”

-steve jobs-


Apa yang anda lakukan bila anda bisa mengunjungi tahun 2020? Mungkin anda bakal membajak nomor-nomor lotere yang keluar sepanjang 2011-2020, atau mengkopi data naik-turunya saham dunia. Juga membawa macam-macam gedget terlaris tahun 2020. Baik catatan lotere, saham maupun gedget masa depan yang kita bawa ke masa sekarang tentu mujarab untuk menjadikan kita sebagai pembajak yang kaya-raya.

Masalahnya, sampai ada kendaraan yang bisa melaju cepat atau lebih cepat dari cahaya (300.000 km/detik), atau dengan kata lain kendaraan yang mampu mengitari bumi 7,5 kali dalam sedetik. Tamasya ke masa depan adalah khayalan belaka. Inilah yang tersirat dalam teori relativitas Einstein.
Sementara para pengkhayal melamun untuk bisa mengkopi grafik saham dan lotere dari masa depan. Beberapa orang cerdas malah melihat ke masa lampau. Sengat mungkin Steve Jobs. Jonathan Ive dan para desainer di Apple melihat ke masa lampau di tahun 50 & 60-an serta membawa pulang inspirasi produk karya Deiter Rams ke masa sekarang. Seperti yang bisa anda baca ditulisan “Apel Rasa Cokelat” dalam edisi Concept kali ini.

Tapi Apple ternyata tidak sendiri mengcopi inspirasi dari hal-hal yang sudah ada. George de Mestral menjadi sangat penasaran akan cara kerja biji semak duri dan buku anjingnya, mengambil mikroskop, menelitinya, lalu kemudian lahirlah VELCRO: rambut perekat temporer yang ada di barang sehari-hari seperti ransel sampai popok. Biomimicry (mengkopi apa yang dihasilkan oleh evolusi alam) merupakan kendaraan yang baik dalam menciptakan sesuatu. Penemuan pesawat terbang, honeycomb structure dan solar cell adalah hal-hal yang diciptakan karena melihat fenomena alam yang terjadi sebagai hasil evolusi jutaan tahun.

Adalah benteng abad pertangahan yang menjadi contekan bangunan baru kedutaan amerika di London, dimana bentuk bangunan, kemiringan halaman, posisi beranda dan kolam parit yang biasa diaplikasikan di benteng kuno untuk menangkal serangan musuh diaplikasikan dalam bangunan modern ini. Jelas arsitektur abad pertengahan bisa berguna bagi para paranoid.
Dan ternyata kopi-mengkopi inspirasi dari masa lampau tak hanya berlangsung di dunia desain dan aritektur. Bisa jadi, Aburizal mengkopi “metode bola” raja media Italia sekaligus presiden Ac Milan Silvio Berlusconi dalam membangun karier politiknya.

Benar kata Steve Jobs bahwa bila anda tanyakan pada orang kreatif bagaimana mereka menciptakan sesuatu, mereka mungkin akan merasa sedikit bersalah karena sebenarnya bukan mereka yang menciptakannya. Mereka hanyalah melihat sesuatu yang menjadi makin jelas dalam benak mereka dan dari situlah mereka menghubungkannya dengan pengalaman mereka, lalu terciptalah hal baru.
Mungkin meminjam dari masa lampau adalah cara terbaik dalam menciptakan sesuatu yang baru, sampai, well… manusia menemukan mesin waktu.

Source : Concept Magazine



Jika anda tertarik untuk mengikuti perkembangan studio kami dan ingin mendapatkan info-info terbaru dari kami, ikuti media sosial kami di bawah ini:

Twitter: RioDStudio
Instagram (Foto & Video): riodwisandybrandingstudio
Instagram (Desain): riodwisandydesignstudio

Comments